Naikan Kualitas Ikan, Bupati Indramayu Serahkan Kendaraan Berpendingin

Selama ini meskipun jumlah produksi ikan dari wilayah Kabupaten Indramayu cukup tinggi sering kali ikan mengalami kerusakan ketika proses pengiriman. Untuk menaikan kualitas ikan agar tidak rusak dan lebih awet, Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah menyerahkan 2 (dua) buah unit kendaraan berpendingin kepada KPL Mina Sumitra dan KUB Sumber Rejeki yang berasal dari Kementrian Kelautan dan Perikanan RI.

Penyerahan dilakukan di TPI Karangsong yangdihadiri oleh ratusan nelayan, para pemilik kapal, serta berbagai pelaku perikanan lainnya yang ada di Kabupaten Indramayu, Rabu (29/11/2017).

Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah menjelaskan, pemberian kendaraan berpendingin ini merupakan upaya agar kualitas ikan yang akan dikirim tetap fresh dan dalam keadaan baik tidak rusak.

“Selama ini ketika mengirim ikan sampai tempat tujuan ternyata banyak ikan yang rusak karena proses distribusi yang kurang maksimal. Hal ini mengakibatkan harga ikan  jatuh,” terang Anna.

Kendaraan yang diserahkan tersebut, harus bisa dimanfaatkan dan dipelihara dalam penggunannya sehingga sangat bermanfaat bagi masyarakat yang berkcimpung di dunia perikanan.

Pada kesemptan itu, Anna menegaskan, agar nelayan yang berasal dari Kabupaten Indramayu untuk kembali melakukan bongkar ikan di wilayah perairan Indramayu. Hal ini untuk memaksimalkan pendapatan dari sector perikanan yang bisa berdampak positif bagi pembangunan Kabupaten Indramayu.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Indramayu, Abdur Rosyid Hakim mengatakan, produksi perikanan Indramayu pada tahun 2016 lalu mencapai 33.665.941,80 kilogram dengan nilai Rp. 448.729.415.685,00. Jumlah produksi tersebut didapatkan dari 3 TPI yang cukup besar yakni TPI Karangsong, TPI Eretan Kulon dan Wetan, TPI Dadap, serta TPI lainnya.

Sedangkan untuk produksi TPI Karangsong pada tahun 2016 mencapai 15.622.736,00 kilogram dengan nilai Rp. 336.261.186.000,00.

“Jadi sebagian besar jumlah produksi perikanan di Kabupaten Indramayu berasal dari Karangsong,” tegas Hakim.

Selain kendaraan berpendingin roda 6, pada kesempatan itu juga diserahkan jarring sebanyak 664 unit, ice flake 4 unit, dan kapal penangkap ikan berbahan fiber sebanyak 4 unit.

Seusai menyerahkan bantuan, selanjutnya Bupati Indramayu melakukan peninjauan dan dialog dengan pelaku perikanan yang ada di TPI Karangsong. Aa DENI / Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Indramayu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *